Spirit Doll, Fenomena Boneka dengan Arwah Manusia

Cerita Fiksi —Selasa, 11 Jan 2022 10:37
    Bagikan  
Spirit Doll, Fenomena Boneka dengan Arwah Manusia
Spirit Doll, Fenomena Boneka dengan Arwah Manusia

INIHOROR.COM-Bahasan soal spirit doll seakan tak ada habisnya.  Perdebatan masih terjadi, dan masih menjadi trending. Melihat kebelakang, isu ini menjadi perdebatan hangat kala selebritis mengadopsi boneka-boneka yang menyerupai bayi manusia, dan disebut-sebut sebagai boneka arwah. 

Cara beberapa selebritis memperlakukan boneka itu terlihat tidak sewajarnya.  Tidak seperti memperlakukan boneka mainan pada umumnya.  Ivan Gunawan misalnya, memperlakukan kedua boneka bayi adopsinya seperti layaknya bayi hidup dengan menyewa jasa baby sitter khusus.  Bahkan membuatkan Instagram khusus kedua boneka bayi adopsinya, yang kini telah dihapus.

Atau selebritis lainnya seperti Celine Evangelista yang menyebutkan boneka bayinya sebagai “momongan”.  Keduanya public figure yang membuat masyarakat lebih memperhatikan perilakunya, sehingga akhirnya menimbulkan perbincangan.  Fenomena perilaku tak wajar orang dewasa dalam memperlakukan “mainan” ini yang akhirnya mengangkat isu soal spirit doll.

Terlepas dari perbincangan mengenai tren yang berkembang di selebritis tersebut.  Masyarakat umum pun terus mencari informasi soal spirit dollSpirit doll atau boneka arwah merupakan boneka yang dihuni oleh roh atau makhluk lain.

Baca juga: Sosok Hantu di Tengah Malam

Baca juga: Kuchisake Onna : Kecantikan yang Mencelakainya

Boneka ini sudah ada sejak dulu. Pertama kali terkenalnya spirit doll di Thailand atau yang disebut Luk Thep.  Bukan sekedar boneka, benda yang berbentuk seperti manusia ini disebut sebagai “dewa kecil”. Menurut beberapa kepercayaan, siapapun yang mengadopsi dan merawatnya akan mendapatkan keberuntungan.

Selain Thailand dan Indonesia, spirit doll juga terkenal di Jepang. Bagi warga masyarakat Jepang, boneka sudah menjadi bagian dari keluarga mereka. Maka dari itu tidaklah mudah bagi mereka untuk membuang boneka begitu saja.

Tidak heran jika di Jepang memiliki upacara khusus untuk pemakaman boneka bernama ningyo kuyo. Upacara ini dilakukan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada boneka-boneka yang akan dibuang.

Boneka yang berisi arwah ini dipercaya bisa diajak berkomunikasi bagaikan makhluk hidup pada umumnya. Hingga diberi makanan dan minuman seperti layaknya manusia.* - PUT

Tulisan belum dipastikan kebenarannya.  Mohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan sesat dan menimbulkan kerugian.  Pembaca agar dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian.  Tulisan merupakan fiksi belaka.

Baca juga: Sosok Hantu di Tengah Malam

Baca juga: Kuchisake Onna : Kecantikan yang Mencelakainya


Editor: Seni
    Bagikan  

Berita Terkait