Mitos Asal Usul Tuyul yang Masih Melekat di Masyarakat

Cerita Horor —Senin, 25 Oct 2021 15:35
    Bagikan  
Mitos Asal Usul Tuyul yang Masih Melekat di Masyarakat
Mitos Asal Usul Tuyul yang Masih Melekat di Masyarakat/ pinterest

INIHOROR

Indonesia yang sangat kental dengan desas-desus mistis dan kepercayaan yang masih banyak dianut oleh banyak kalangan menjadikan cerita berbau seram dan gaib menjadi hal yang tak lazim untuk diperbincangkan.

Selain kuntilanak dan pocong yang sangat terkenal di tengah hiruk pikuk kehidupan, mahluk kecil berkepala botak bernama "Tuyul" rasanya tak asing ditelinga kita, khususnya masyarakat jawa.

Tuyul dalam mitologi jawa dan sekitarnya, adalah mahluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul, yang dipercaya dapat mencuri uang untuk tuannya.

Indonesia yang sangat kental dengan desas-desus mistis dan kepercayaan yang masih banyak dianut oleh banyak kalangan menjadikan cerita berbau seram dan gaib menjadi hal yang tak lazim untuk diperbincangkan.

Tuyul ada sejak tahun 1880-an hingga kini keberadaan tuyul masih sangat erat dengan kehidupan masyarakat dan keberadaanya masih kuat diakui disekitar sebagai pencuri uang dan memperkaya orang yang memeliharanya.

Baca juga: Seram, Legenda Hantu Songko di Sulawesi Utara yang Berjubah Hitam

Baca juga: Mitos Misteri di Balik Lagu Ku Katakan dengan indah Peterpan

Asal-usul Tuyul

Menurut kepercayaan tuyul lahir dari janin-janin yang digugurkan oleh wanita yang menggugurkan kandunganya sebelum ia terlahir kedunia, sehingga arwahnya tidak sempurna dan menjadi tuyul

Tuyul yang tak punya tempat dan kehilangan arah dimanfaatkan oleh para dukun untuk dilatih dan diperintahkan mengambil harta benda milik orang berupa uang, dengan imbalan memberi makan dan mainan.

Tuyul akan bertebaran ke setiap rumah dan hunian tetangga pemeliharanya untuk mencari uang dan kemudian menyetorkan pada pemeliharanya, imbalanya sang tuyul akan mendapatkan mainan seperti barang yang ia sukai, ikan, kura-kura atau hal-hal lain.
Namun bukan hanya itu saja konon sang istri harus memberikan susu pada tuyul namun bukan susu yang ia minum melainkan menghisap darah hingga bahkan lama-kelamaan wanita tersebut kurus dan bisa mati.

Meski terdengar mudah dan menggiurkan memelihara tuyul karena mendapatkan kekayaan dengan cepat, namun konsekuensi yang harus diterimanya sangatlah berbahaya bukan hanya diri kita namun orang orang yang kita sayang, bukan hanya penderitaan yang akan menimpa namun nyawa yang akan melayang.

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian , dimohon tidak mengikuti hal yg menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian , semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka.

Baca juga: Mitos Malam Jumat Kliwon

Baca juga: Mitos Ciri-ciri Orang yang di Jadikan Tumbal

SUMBER: DEPOST.ID



Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait