Mitos Jailangkung, Permainan yang Mengundang Mahkluk Gaib Untuk Datang

Cerita Horor —Sabtu, 6 Nov 2021 14:12
    Bagikan  
Mitos Jailangkung, Permainan yang Mengundang Mahkluk Gaib Untuk Datang
image/Pinterest

INIHOROR


Jelangkung jelangsat, Di sini ada pesta, Pesta kecil-kecilan, Jelangkung jelangsat, Datang tidak diundang, Pergi tidak diantar.

Pernahkah kalian mendengar mantra tersebut? Antra yang digunakan seseorang untuk memanggil arwah yang bergentayangan dengan boneka kayu bernama jailangkung.

Ketenaran Jailangkung bahkan peernah dibuatkan menjadi film horor pada tahun 2000-an dengan alur cerita yang menegangkan.

Jailangkung mitosnya adalah ritual yang memanggil dan berkomunikasi dengan makhluk halus, permainan jailangkung yang awalnya sekadar permainan kemudian berkembang memunculkan mitos-mitos hantu atau kesurupan sebagai imbas untuk orang yang memainkan permainan ini.

Baca juga: Film Horor ; Alur Cerita Pendek Ghost Painter

Baca juga: Seram ! Mitos-mitos Malam Jumat Kliwon, Waktunya Para Hantu Berpesta Pora


Mitos tersebut umumnya adalah bila permainan ini diakhiri tanpa melepas atau berpamitan dengan makhluk halus yang masuk ke dalam boneka, makhluk halus tersebut dapat menjadi marah dan dapat membuat masalah untuk para pemanggilnya.

Selain itu Jailangkung ini ada beberapa versi yang berkembang mulai dari Tionghoa Dalam ritual Cay Lan Gong, dewa "Poyang" dan "Moyang" dipanggil agar masuk ke sebuah boneka keranjang yang tangannya dapat digerakkan.

Pada ujung tangan boneka tersebut diikatkan sebuah alat tulis, biasanya kapur. Boneka tersebut juga dihiasi dengan pakaian manusia, dikalungi kunci dan dihadapkan ke sebuah papan tulis, sembari menyalakan dupa. Saat boneka tersebut menjadi terasa berat menurut mereka menjadi pertanda bahwa boneka itu telah dirasuki dewa

Baca juga: Cerita Mistis Tentang Malam Satu Suro Dirumah Darmo

Baca juga: Film Horor : The Medium Sukses Membuat Penonton Masuk Kedalam Suasana di Film Tersebut

Sedangkan di Jawa Jailangkung digunakan sebagai ritual untuk menolak Bala yang dikenal dengan Nini Thowong atau Nini Thowok.

Meski Jailangkung sendiri merupakan permainan atau ritual yang dipercaya sebagai pemanggil mahluk halus namun hal ini tentu saja hanya mitos yang beredar terkait kebenarnya belum bisa dipastikan.

Untuk memainkan jalaingkung biasanya orang akan memegang boneka jailangkung dan membacakan mantra/ RS

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian , dimohon tidak mengikuti hal yg menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian , semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka.


Editor: Erica
    Bagikan  

Berita Terkait