Cerita Seram di Lawang Sewu

Cerita Horor —Kamis, 27 Jan 2022 11:58
    Bagikan  
Cerita Seram di Lawang Sewu
Mengupas Tuntas Cerita Seram di Lawang Sewu

INIHOROR,- Cerita seram dan membuat bulu kuduk merinding seringkali mengikuti bangunan-bangunan tua bersejarah. Salah satunya bangunan megah dengan artistektur unik di daerah Jawa Tengah.yaitu Lawang Sewu.  Keangkeran bangunan ini bahkan sempat difilmkan dengan judul “Lawang Sewu” tahun 2007 yang bertajuk dendam kuntilanak.

 Pada awal pembangunan gedung ini di masa kolonial Belanda, gedung ini bernama lengkap Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij.  Orang Jawa menyebutnya dengan Lawang Sewu yang memiliki arti seribu pintu.  Meski fakta yang ada, Lawang Sewu hanya memiliki pintu sebanyak 429 buah saja.  Namun, bangunan ini memiliki banyak jendela – jendela besar.  Jika dilihat dari jauh menyerupai sebuah pintu besar. Inilah alasan mengapa banyak orang menyebut bangunan ini dengan nama Lawang Sewu.

 Jaman dahulu, bangunan ini merupakan kantor administrasi dari perusahaan kereta api swasta asal Belanda.  Kantor kereta api swasta pertama kali di Indonesia ini di Stasiun Semarang, namun karena tidak mencukupi, maka pihak Belanda memutuskan membangun Lawang Sewu.

Baca juga: Kisah Mistis Eyang Putri

Lantai satu dan dua pada bangunan Lawang Sewu berfungsi sebagai kantor administrasi. Kantor ini juga mempunyai bunker atau ruangan bawah tanah dan juga lantai tiga.  Lantai tiga berupa loteng dan bunker bawah tanah difungsikan untuk penjara bagi para tahanan pada masa penjajahan.  Saat Indonesia jatuh ke tangan Jepang, ruangan bawah tanah dan loteng atas menjadi penjara yang paling kejam bagi orang – orang Belanda.

 Sebagai peninggalan Belanda dengan adanya penjara, ada cerita mistis yang jika diceritakan membuat bulu kuduk merinding.  Adanya sumur tua di bagian depan halaman Gedung Lawang Sewu juga menyimpan cerita.  Konon dari cerita yang beredar, jika malam hari tiba akan terdengar suara rintihan orang kesakitan dari dalam sumur. Berdasarkan sejarah, sumur ini adalah tempat para tentara Belanda dibunuh pihak Jepang.  Sumur ini sekarang dikunci oleh pihak keamanan Lawang Sewu dan tidak pernah dibuka.

Di Lawang Sewu sering ada penampakan di bagian pintu depan paling barat dan timur. Sosok yang sering terlihat adalah prajurit belanda dengan senjata laras panjang. Saat penampakan muncul biasanya ditandai dengan angin berhembus kencang dan bau aroma tidak enak.* -RESTY

(Tulisan di atas belum dipastikan kebenarannya.  Pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian.  Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan sesat dan menimbulkan kerugian.)

Baca juga: Misteri Cinta Mak Lampir dan Datuk Panglima Kumbang

Baca juga: Bikin Merinding! Undangan Wawancara di Menara Saidah yang Sudah Lama Kosong

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait