Goa Siluman Yogyakarta, Petilasan Pembuang Sial di Pesanggrahan Wonocatur

Keramat —Jumat, 12 Nov 2021 20:01
    Bagikan  
Goa Siluman Yogyakarta, Petilasan Pembuang Sial di Pesanggrahan Wonocatur
Pesanggrahan Goa Siluman Yogyakarta | Pinterest

YOGYAKARTA, INIHOROR- Jogjakarta adalah tempat yang terkenal sakral dengan jejak kejawen dan tragedi-tragedi khas kerator-kraton yang pernah terjadi. Hal itu juga yang membuat banyak tempat di Jogjakarta yang memeilki cerita bahkan mitos dari turun-temurun.

Salah satunya adalah Goa Siluman merupakan sebuah petilasan atau semacam situs bersejarah yang berupa tempat pemandian gaya kerajaan Jawa jaman dahulu.

Pesanggrahan adalah rumah persinggahan atau penginapan dan biasanya dimiliki oleh pemerintah. Dalam konteks ini, pesanggrahan berarti rumah persinggahan milik kerajaan. Disebut sebagai pesanggrahan Gua Siluman karena kawasan ini dikenal dengan keangkerannya. Pesanggrahan Gua Siluman juga dikenal sebagai Benteng Pendem. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang terpendam sedalam empat meter di bawah permukaan tanah.

Baca juga: Cerita Fiksi; Daging Manusia

Pesanggrahan Gua Siluman dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono II. Konon, Panembahan Senopati alias Danang Sutowijoyo, pendiri Kerajaan Mataram Islam, mendirikan kerajaannya di kawasan Kota Gede. Lalu raja yang menjabat pada waktu itu mendapat wangsit untuk memindahkan kerajaan dari Kota Gede ke kawasan Wonocatur, Bantul.

Proses pendirian kerajaan telah dilakukan termasuk pembuatan pesanggrahan yang di dalamnya terdapat tempat pemandian bagi para selir dan putri kerajaan. Tetapi pada saat proses pembangunan pesanggrahan belum selesai, raja mendapat wangsit lain yang mengharuskan kerajaannya dipindahkan ke daerah Pleret. Oleh karena itu, pesanggrahan di Wonocatur Bantul ini belum pernah digunakan satu kali pun.

Bentuk bangunannya unik, berada sekitar 4 meter di bawah permukaan tanah. Bentuknya yang terpendam, maka kemudian ada pula yang menyebutnya sebagai Benteng Pendem yang artinya sebuah benteng yang terpendam.Bangunan ini sudah tidak utuh lagi, telah habis dimakan jaman. Bagian dalam Goa Siluman terdiri dari lorong-lorong pengab yang sudah banyak ditumbuhi oleh lumut. Tak begitu luas memang areal Goa Siluman berdiri, hanya sekitar 100 x 200 m saja.

Baca juga: Misteri Ribuan Boneka yang ada di Pulau Meksiko

Di dalam Goa Siluman terdapat mata air yang sejak dahulu sampai sekarang terus mengalir dan dipercaya memiliki kekuatan lain dibaliknya.Tempat Membuang Sial

Bukan hanya seram yang dihuni banyak siluman, namun tempat ini memilki kekuatan magis dimana bisa membuang sial atau nasib buruk

Mereka percaya dengan mengadakan ruwatan di tempat tersebut, nasib mereka yang buruk, susah dan menderita bisa bernasib baik dan sebaliknya.

Ritual dilakukan di dalam Goa Siluman tersebut tepatnya dibagian lorong sisi sebelah timur yang berada di kolam mata air abadi di dalamnya. Disertai dengan pembakaran dupa dan kemenyan dan menaburkan kembang setaman seperti kembang mawar dan melati di kolam mata air tersebutAsal-usul Goa Siluman

Baca juga: Mitos Tentang Pocong yang Sangat di Takuti Oleh Masyarakat

Goa Siluman, sebenarnya tempat ini dahulunya merupakan sebuah calon tempat yang digunakan untuk pemandian para putri-putri serta selir Kerajaan Mataram, yang sekarang bernama Kraton Yogyakarta tersebut.

Pada zaman dahulu kala Raja pernah mendirikan keraton ke tempat ini stelah mendengar bisikan, dibangunlah bangunan yang megah salah satunya adalah pemandian yang kini menjadi Goa Siluman.

Namun rencana itu dibatalkan karena Raja mendapatkan bisikan kembali untuk memindahkan keraton ke Plered, alhasil banyak orang yang kecewa beberapa abdi dalem yang setia hingga saat ini konon banyak yang berada disitu/RS

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dari semua kejadian. Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian. Semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka. -ER

Baca juga: Kisah Mistis Saat Lonceng Berbunyi Tanda Bahaya Datang!

Editor: Erica
    Bagikan  

Berita Terkait