Kisah Mistis Dibalik Keindahan Gunung Semeru, Part 1

Keramat —Rabu, 8 Dec 2021 10:45
    Bagikan  
Kisah Mistis Dibalik Keindahan Gunung Semeru, Part 1
pinterest

INIHOROR.COM-  Gunung Semeru adalah salah satu  gunung di Indonesia yang terkenal dan menjadi salah satu Gunung yang paling sering di daki oleh para pendaki.

Gunung Semeru juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggan 3.676mdpl. Gunung Semeru berada diantara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ia juga termasuk 18 gunung aktif di Pulau Jawa.

Pesona keindahan Gunung Semeru memang tidak ada yang mengalahkan. Gunung ini kerap kali dijadikan sebagai tempat shooting. Namun, siapa sangka dibalik keindahannya, Gunung ini menyimpan segunung kisah mistis.

Apa saja cerita mistis dari Gunung Semeru?

Baca juga: Dianggap Pembawa Sial, Ini Mitos Begu Gajang Legenda dari Batak Toba

  • Dianggap Pakunya Pulau Jawa

Gunung Semeru dipercaya masyarakat Jawa sebagai penyeimbang dan pakunya Pulau Jawa. Agar pulau Jawa tidak terombang-ambing

  • Patung Prajurit Misterius, Arcopodo

Arcopodo adalah salah satu kisah misteri dari Gunung Semeru yang cukup terkenal. Diketahui, Arcopodo merupakan 2 patung jelmaan prajurit dari Kerajaan Majapahit. Namun patung ini tidak akan terlihat dengan kasat mata. Karena, hanya orang yang memiliki indra ke-6 lah yang bisa melihat patung ini.

  • Hantu Wanita di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah danau yang menjadi spot favorit bagi para pendaki. Danau air yang jernih memanjakan semua mata yang melihat kesana. Tapi, ada satu kisah misteri dari danau ini. Konon, ada hantu wanita yang sering menampakan diri saat malam bulan purnama. Hantu ini katanya memakai baju kuning dan merupakan seorang Dewi Penunggu.

Baca juga: Kisah Pocong Keliling Ririn, Bagian IX

  • Larangan Memancing di Ranu Kumbolo

Mitos selanjutnya adalah larangan memancing di Danau Ranu Kumbolo. Walaupun dikenal dengan kejernihan danaunya, danau ini memang memiliki berbagai jenis ikan seperti ikan mas. Siapapun pendaki yang ada di Gunung Semeru dilarang memancing karena hal itu ditakutkan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat setempat percaya bahwa ikan mas yang terdpat di Ranu Kumbolo adalah jelmaan dari dewi.

  • Tanjakan Cinta

Ada sebuah tanjakan tidak jauh dari Ranu Kumbolo yang disebut Tanjakan Cinta. Tanjakan itu tidak terlalu tinggi. Namun, ada beberapa mitos yang beredar bahwa siapapun yang berhasil menaiki tanjakan ini tanpa beristirahat dan tanpa menoleh ke belakang, maka harapan cintanya akan terkabul.

  • Zona Tengkorak Blank 75

Zona ini dikenal sebagai zona maut. Katanya, di zona ini sering terjadi kecelakaan hingga pendaki yang hilang. Kalau ingin menaiki puncak Gunung Semeru, kamu akan memang akan melewati Zona Tengkorak Blank 75 ini. Zona ini dikenal sangat curam dengan dibatasi oleh jurang. Blank 75 sendiri diketahui afalah kedalaman jurang yang sedalam 75meter.

Masih banyak lagi kisah misteri dari kecantikan Gunung Semeru. Nantikan, mitos lainnya di Mitos Gunung Semeru Part 2. –zz-

Bersambung..

 

Baca juga: Lukisan The Rain Woman, Lukisan yang Bisa Bikin Cemas dan Ketakutan

Baca juga: Mitos Gunung Sumbing, Tempat Pesugihan Hingga Makhluk Bercahaya

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait