Legenda Jiangshi, Vampir Dalam Mitologi China

Legenda —Rabu, 24 Nov 2021 11:30
    Bagikan  
Legenda Jiangshi, Vampir Dalam Mitologi China
Legenda Jiangshi, Vampir Dalam Mitologi China/Pinterest

INIHOROR- Jiangshi merupakan salah satu mitos yang ada di Tongkok. Menurut legenda Tiongkok kuno, jiangshi sudah tercatat dalam karya sastra yang ditulis oleh Ji Xiaolan. Seorang sarjana dari Dinasti Qing (1636-1911) yang berjudul Yuewei Caotang Piji.

Jiangshi adalah sebutan dari masyarakat Tiongkok untuk makhluk vampir. Jiangshi umumnya digambarkan sebagai mayat yang menggunakan pakaian resmi Dinasti Qing dan bergerak melompat-lompat. Di dahinya tertempel selembar jimat (Fu) yang berwarna kuning dengan coretan tinta merah.

Konon mayat jaingshi adalah orang yang sudah meninggal yang dihidupkan kembali. Alasan nay adalah transfortasi yang sulit pada jaman itu karena mereka pada umumnya tinggal di daerah terpencil.

Setelah ada yang meninggal, masyarakat sana berpikir bagaimana cara agar bisa menguburkan mereak di lokasi pemakaman yang jauh dari desa. Akhirnya masyarakat setempat pun meminta bantuan dari pendeta Tao untuk membuat mayat tersebut berjalan sendiri menuju lokasi pemakamannya.

Baca juga: Kekayaan yang di Bayar Dengan Nyawa Kisah dari Gunung Sumbing

Baca juga: Mitos Gunung Wayang Ciracap yang Masih Melekat di Sukabumi

Namun ternyata proses ritual yang sebenarnya tidak melibatkan ilmu sihir melainkan pendeta Tao hanya bertugas untuk memanjatkan doa untuk para arwah jiangshi. Konon proses ritualnya dimulai dengan mengiakt kaki dan lutut serta tangan yang diangkat paksa hingga terlentang. Proses tersebut dapat dilakukan setelah tubuh mayat sudah kaku.

Setelah itu, mayat akan diikat dengan tongkat panjang yang diatur tegak. Dua orang yang kuat akan ada diujung depan dan belakangnya. Ketiak dua orang itu mengangkat mayat tersebut, sang mayat akan terlihat seperti melompat-lompat. Pendeta Tao akan memimpin rombongan tersebut sambil membunyikan lonceng sepanjang jalan.

Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dari semua kejadian. Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian. Semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka. /VR

Baca juga: Ba Jiao Gui, Legenda Hantu Pohon Pisang Yang Membawa Bayi

Baca juga: Hitori Kakurenbo, Permainan Petak Umpet Bersama Roh Halus

Editor: Vera
    Bagikan  

Berita Terkait