Dianggap Pembawa Sial, Ini Mitos Begu Gajang Legenda dari Batak Toba

Legenda —Selasa, 7 Dec 2021 15:32
    Bagikan  
Dianggap Pembawa Sial, Ini Mitos Begu Gajang Legenda dari Batak Toba
pinterest

INIHOROR.COM- Bukan Indonesia namanya jika suatu daerah tidak memiliki urband legend. Urband legend satu ini berasal dari etnis Batak Tpba, terutama di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Namanya Begu Gajang. Begu Gajang sendiri artinya adalah hantu panjang. Sebagian masyarakat etnis Batak masih mempercayai kehadiran Begu Gajang ini.

Keberadaan begu gajang dipercaya akan menimbulkan bencana. Entah itu jatuh sakit atau meninggal secara tiba-tiba.

Masyarakat masih mempercayai adanya begu gajang dengan perawakan yang tinggi. Konon, semakin dilihat makan akan semakin tinggi. Begu Gajang dipercaya bisa mencekik orang yang melihatnya.

Sebagian masyarakat jiha menyebut Begu Gajang sebagai sosok berambut panjang yang suka berdiam di pucuk pohon uamh tinggi. Namun ada pula yang mempercayai bahwa Begu Gajang adalah ilmu santet.

Baca juga: Kisah Pocong Keliling Ririn, Bagian IX

Begu Gajang disebut sebagai roh yang digunakan dan dpelihara untuk mengikuti keinginan pemiliknya. Namun, timbal balik yang diberikan adalah sang pemilik harus memberikan tumbal.

Beberapa masyarakat mengatakan jika tujuan awal Begu Gajang adalah untuk menjaga sawah juga harta dari pencuri. Tapi ternyata, sang pemilik Begu Gajang malah menggunakannya untuk membunuh orang. Sejak itu, Begu Gajang dibilang sebagai ilmu hitam atau ilmu santet.

Jika terjadi hal aneh di desa, kerap kali Begu Gajang dituduh sebagai pembawa sial desa tersebut. Dan provokasi pun akhirnya terjadi.

Baca juga: Mitos Gunung Sumbing, Tempat Pesugihan Hingga Makhluk Bercahaya

Biasanya, akan ada seorang yang dituduh sebagai sang pemilik Begu Gajang. Tak jarang, hal ini membuat warga melakukan penghakimasn sendiri.

Sang tertuduh pemelihara Begu Gajang akan dianiaya, diusir dari kampong, bahkan rumahnya bisa dirusak hingga di bakar.

Kejadian ini pun menjadi hal yang sangat lumrah terjadi di daerah Batak Toba.

Meskipun kerap kali menimbulkan korban, keberadaan Begu Gajang ini belum dibuktikan keasliannya. Alangkah baiknya jika kita mengambil semua dari sisi positifnya saja. Artikel ini tidak bermaksud untuk menimbulkan kesesatan. –zz-

Baca juga: Sinopsis Film Bird Box, Monster Tak Kasat Mata Pembunuh Semua Orang

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait