Legenda Danau Toba dan Jelmaan Ikan Mas

Legenda —Jumat, 24 Dec 2021 14:04
    Bagikan  
Legenda Danau Toba dan Jelmaan Ikan Mas
pinterest

INIHOROR.COM- Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat local maupun mancanegara.

Keindahan alam dari danau ini jangan kamu ragukan lagi. Danau Toba juga termasuk salah satu danau terbesar di Asia Tenggara. Danau ini juga terkenal sangat popler karena pemandangan alamnya yang sangat cantic.

Tapi, dibalik semua keindahan dari Danau Toba ternyata ada beberapa mitos yang masih melekat di danau ini lhooo.

Ada salah satu legenda yang palimg di percaya dan paling banyak di dengar oleh masyarakat yaitu terntang asal usul Danau Toba.

Dahulu kala, ada seorang pemuda bernama Toba. Suatu hari, ia mendapatkan ikan emas ketika sedang memancing.

Namun, ternyata ikan mas yang ia tangkap bukanlah ikan mas biasa. Ikan mas yang Toba tangkap ternyata adalah jelmaan wanita yang sangat cantic.

Singkat cerita, Toba dan gadis itu pun saling jatuh cinta hingga akhirnya memiliki seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Ibunya yang seorang jelmaan ikan mewanti-wanti Toba untuk tidak memberitahu Samosir tentang jati diri Ibunya yang sebenarnya karena akan menimbulkan bencana besar.

Baca juga: 7 Hari Hilang di Gunung Marapi, Bagian 4

Pada suatu hari, Samosir terlambat mengantarkan makanan pada Toba. Hal itu lantas membuat Toba yang sedang kelaparan marah dan kesal pada anaknya.

Saat Samosir datang, Toba yang sudah naik pitam mwnyumpahi anaknya itu dan menyebut bahwa ia adalah anak Ikan.

Saat itu juga, dari jejak kaki Toba muncul mata air yang mengair sangat deras. Nata air itu tidak bisa berhenti dan akhirnya menenggelamkan Toba beserta desanya.

Seketika itu pula Istri Toba berubah kembali menjadi ikan dan ikut larut di Danau Toba. Sejak saat itulah terbentuk Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Bukan hanya asal mula Danau Toba yang melegenda. Di kalangan masyarkat sekitar juga ada beberapa mitos yang masih sangat kental.

Baca juga: Creepypasta: Daging Manusia

Salah satu mitos yang masih sangat dipercaya adalah bahwa jika di danau Toba terlihat ada ikan mas yang sangat besar itu menandakan aka nada hal buruk yang terjadi.

Selain itu, di Danau Toba juga kerap kali para pengunjung mendengar tangisan di malam hari. Dipercaya, tangisan yang mereka dengar adalah tangisan penyesalan dari Toba karena telah melanggar janji kepada istrinya.

Ada mitos juga yang menceritakan tentang sosok muka rata di sekitaran Danau Toba. Sikisahkan bahwa ada sekelompok pemuda yang sedang bermain, namun adaka saah satu pemuda yang sedang duduk dan tiba-tiba saha ada sosok wanita muncul dengan wajah yang rata.

Ada juga mitos yang menceritakan tentang sosok seperti seekor monyet namun mukanya menyeru[ai kakek tua yang menyedihkan. Konon, sosok ini biasanya muncul pada saat maghrib.

*cerita diatas belum terbukti keasliannya. Artikel ini tidak bermaksud untuk menimbulkan kesesatan. Apapun ceritanya, alangkah baiknya kita untuk saling menghormati adat istiadat, budaya dari daerah tersebut.* -zz-

Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini!

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait