Mitos dan Legenda Dewi Anjani, “Penguasa” Gunung Rinjani

Legenda —Jumat, 21 Jan 2022 12:50
    Bagikan  
Mitos dan Legenda Dewi Anjani,  “Penguasa” Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

INIHOROR,- Gunung Rinjani mendapat predikat sebagai gunung terindah di Indonesia karena pemandangan alamnya yang sangat indah.  Dikenal karena keindahan alamnya yang memikat mata dengan namanya yang cantik, secantik keindahannya, Rinjani. Kecantikan Gunung Rinjani kerap kali dikaitkan dengan kecantikan salah satu  kisah legenda, Dewi Anjani.

Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa gunung berapi dengan tinggian 3726 mdpl ini.  Dewi Anjani diyakini masyarakat memiliki wajah yang sangat cantik yang terlahir dari perkawinan manusia suku sasak dengan Raja Selaparang. Masyarakat sekitar sering mengadakan upacara ritual dengan melarung emas berbentuk ikan ke Danau Segara Anak untuk menghormati keberadaan Dewi Anjani agar lingkungan sekitar Gunung Rinjani aman dan tentram.

Tidak hanya dikaitkan dengan Dewi Anjani, Gunung Rinjani ternyata memiliki beberapa mitos dan legenda yang masih dipercaya dan masih melekat.

Salah satu mitos yang paling banyak dipercaya adalah bahwa puncak Gunung Rinjani di jalur pendakian adalah puncak semu, sedangkan puncak aslinya dilindungi oleh makhluk sekitar agar tidak disentuh oleh makhluk lain.

Selain itu, masyarakat sekitar percaya bahwa Danau Segara Anak bisa memberi suatu peringatan. Jika kita melihat danau itu luas, maka umur kita panjang. Sebaliknya, jika kita melihat danau ini sempit, maka umur kita pendek.

Baca juga: Creepypasta: Insomnia

Baca juga: “Makan Malam” Akibat Mencuri Hidangan Sesajen

Katanya, siapapun yang mandi dan berenang di danau ini harus tahu diri dan tidak berniat jahat, agar terhindar dari gangguan penunggu danau.


Menurut masyarakat setempat, ada daerah tertentu di lereng Gunung Rinjani yang tidak boleh dimasuki karena diyakini daerah angker.  Mitosnya siapa yang memasuki kawasan itu akan hilang dan hidup di daerah jin.

Saat menaiki Gunung Rinjani, kita dilarang untuk berkeluh kesah. Mitosnya, semua kekhawatiran dan keluh kesah kita saat menaiki gunung Rinjani bisa menjadi kenyataan.  Alih-alih khawatir, sebaiknya kita lebih banyak berpikiran positif ya!

Cerita tentang Gunung Rinjani ini belum bisa terbukti secara pasti dengan adanya berbagai versi legenda yang beredar di masyarakat luas.  Berbagai mitos, dan legenda tidak harus sepenuhnya kita percayai. Tetapi kita tetap harus menghargai dan menghormati kepercayaan masyarakat tentang Gunung Rinjani ini.  Kita harus senantiasa menjaga keasrian alam Gunung Rinjani dan menghargai apapun alam dan budaya kepercayaan masyarakat sekitar.* -zz-

(Tulisan di atas belum dipastikan kebenarannya.  Pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian.  Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan sesat dan menimbulkan kerugian.  Tulisan di atas sekedar fiksi belaka.)

Baca juga: Creepypasta: Insomnia

Baca juga: “Makan Malam” Akibat Mencuri Hidangan Sesajen


Editor: Seni
    Bagikan  

Berita Terkait