Misteri Cinta Mak Lampir dan Datuk Panglima Kumbang

Legenda —Rabu, 26 Jan 2022 12:10
    Bagikan  
Misteri Cinta Mak Lampir dan Datuk Panglima Kumbang
Cinta Mak Lampir dan Datuk Panglima Kumbang

INIHOROR,- Berawal dari sebuah kisah wanita bernama Siti Lampir Maemunah yang disebut sebagai Mak Lampir. Ia merupakan putri dari kerajaan Champa.  Sosok Mak Lampir memiliki paras cantik jelita dan merupakan putri yang santun dan elegan.

Suatu ketika Mak Lampir jatuh cinta dengan seorang pria pernama Datuk Panglima Kumbang.  Namun hubungan keduanya tidak direstui hingga dirinya sangat sedih dan ingin menyendiri.

Ia pergi ke bertapa ke Gunung Merapi.  Di tempat itu, ia bertemu guru sakti.  Mak Lampir belajar ilmu kanuragan dan kesaktian padanya hingga ia menjadi sakti mandraguna.

Perasaan Mak Lampir tidak berkurang sedikit pun pada Datuk Panglima Kumbang.  Dirinya terus mencari dan berharap bisa bertemu kembali dengan pujaan hatinya.

Hingga suatu hari Mak Lampir dipertemukan kembali dengan Datuk Panglima Kumbang dalam sebuah pertempuran.  Sayangnya Datuk Panglima Kumbang tewas dalam pertempuran tersebut.

Mak Lampir yang begitu mencintai kekasihnya sangat bersedih dan bertapa di Gunung Merapi.  Ia mendapatkan petunjuk jika Datuk Panglima Kumbang bisa hidup lagi asalkan ia mau mengorbankan kecantikanya menjadi buruk rupa.

Baca juga: Bikin Merinding! Undangan Wawancara di Menara Saidah yang Sudah Lama Kosong

Saking cintanya Mak Lampir pada Datuk Panglima Kumbang, akhirnya Mak Lampir setuj.  Namun betapa kecewanya saat Datuk hidup kembali, ia tak mengenali Mak Lampir dan meminta Mak Lampir menjauhinya.

Bahkan Datuk Panglima Kumbang menyebut bahwa Mak Lampir adalah sosok setan yang menyebabkan malapetaka dan masalah di desa.  Lantaran hal tersebut, Mak Lampir menjadi murka dan berubah menjadi jahat.  Ia pun membuat onar untuk memerangi kebaikan.

Legenda ini yang akhirnya menjadi inspirasi sebuah serial Mak Lampir dan terkenal di era tahun 1998an.  Sinetron Misteri Gunung Merapi yang diperankan oleh Farida Pasha sukses menghidupkan sosok Mak Lampir dengan suara tertawanya yang serak dan menakutkan. Suaranya tawa Mak Lampir menjadi legenda dari radio hingga layar kaca.* -RESTY

(Tulisan di atas belum dipastikan kebenarannya.  Pembaca agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian.  Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan sesat dan menimbulkan kerugian.  Tulisan di atas sekedar fiksi belaka.)

Baca juga: Yamaha Fazzio, Pendatang Baru yang Siap Mengaspal di Jalanan

Baca juga: Bulu Kuduk Merinding Kala Menyusuri Goa Belanda

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait